Element

6 Ide Resep Bento untuk Bekal Sekolah Si Kecil

6 Ide Resep Bento untuk Bekal Sekolah Si Kecil

Memberikan bekal untuk si kecil di sekolah memang sangat penting. Selain lebih hemat, bekal buatan Bunda tentu jauh lebih bergizi dan higienis. Kebutuhan anak atas karbohidrat, serat, mineral, dan lainnya pun dapat tetap terpenuhi. Namun, bekal yang biasa-biasa saja terkadang bisa membuat si kecil bosan sehingga kehilangan nafsu makannya. Maka dari itu, yuk, sama-sama memikirkan ide variasi menu dan penyajian yang menarik untuk si kecil!

Salah satu ide bekal yang tidak akan bisa ditolak oleh si kecil adalah bento. Resep bento dan cara pembuatannya pun praktis, Bun, tidak membutuhkan banyak bahan maupun teknik memasak yang macam-macam. Ditambah, tampilan bento yang selalu lucu-lucu dijamin akan membuat si kecil makan lebih lahap. Ini dia enam ide resep bento yang bisa Bunda coba buat!

1. Omurice Rillakuma

Resep bento pertama yang cukup simple dan tentunya lucu adalah omurice berbentuk Rillakuma. Pada dasarnya, omurice adalah omelette and rice. Nasi yang dipakai biasanya adalah nasi goreng saus tomat sederhana yang dibentuk menjadi karakter Rillakuma. Omeletnya dibuat sangat lembut, kemudian ditaruh di atas ‘badan’ si beruang sehingga terlihat seperti Rillakuma yang sedang tertidur dan berselimut telur. 

Untuk cara membuatnya, goreng nasi terlebih dahulu dengan bumbu nasi goreng yang biasa Bunda pakai, lalu tambahkan saus tomat. Cetak nasi goreng menjadi bentuk Rillakuma. Potong-potong nori untuk membuat mata dan mulut beruang. Sedangkan untuk membuat omeletnya, Bunda bisa tambahkan susu dan keju agar lebih lumer. 





2. Sandwich dan omelet

Apakah si kecil lebih suka makan roti daripada nasi, Bun? Jika demikian, maka Bunda bisa mencoba resep bento satu ini, yaitu sandwich dan omelet. Cara membuatnya sangat mudah, Bunda hanya perlu membuat sandwich dengan isian sesuai selera, seperti telur, smoked beef, keju, dan selada. Tambahkan saus tomat dan mayones, lalu panggang sebentar di atas toaster. 

Belah sandwich agar isiannya terlihat. Kemudian, buatlah omelet, lalu letakkan di samping sandwich. Agar gizi si kecil tercukupi, Bunda bisa tambahkan sosis, baby tomato, atau jagung manis sebagai pelengkap.




3. Onigiri dan cumi goreng

Bila buah hati Bunda adalah penggemar seafood, Bunda bisa bawakan onigiri dan cumi goreng tepung ini sebagai bekalnya ke sekolah. Bentuk onigiri yang berbalut nori serta olahan cumi yang gurih krispi, dijamin akan membuat si kecil menghabiskan bekalnya.

Cara membuat onigiri cukup simpel, kok. Bumbui nasi putih dengan minyak wijen dan sedikit kecap asin, lalu bentuk menjadi kepalan kecil menggunakan tangan. Bungkus nasi menggunakan selembar nori, lalu sajikan dalam kotak bekal. Selanjutnya, goreng cumi dengan tepung bumbu hingga krispi. Tiriskan, lalu sajikan dalam kotak.




4. Mi goreng puyuh

Si kecil hanya suka makan bekal mi instan? Tak perlu khawatir, Bunda bisa membuat kreasi mi instan yang lebih bervariasi dengan tambahan sayuran sehat, yaitu mi goreng puyuh atau biasa disebut satelmi (sarang telur indomie). Resep bento ini punya tampilan yang lucu dan menarik bagi anak-anak.

Cara membuatnya, campurkan mi yang sudah direbus, bumbu mi instan, parutan wortel, potongan kubis, sosis, daun bawang, dan tepung terigu. Cetak dalam cetakan lingkaran kecil, lalu letakkan telur puyuh yang sudah direbus di atasnya. Kukus sebentar, lalu goreng dalam minyak panas. Susun sarang telur dalam kotak bersama nasi, sayur, dan buah-buahan sehat lainnya.




 

5. Bento bentuk kelinci

Praktis dan super lucu, resep bento bentuk kelinci ini sangat mudah dibuat! Cocok bagi Bunda yang tidak punya banyak waktu untuk memasak di pagi hari. Bunda hanya perlu memasak nasi, lalu menambahkan lauk dan sayur sesuai selera. 

Dengan menggunakan cetakan, bentuklah nasi menjadi kepala kelinci lengkap dengan kedua telinganya. Berikutnya, buatlah mata dan mulut kelinci dari potongan nori. Untuk lauknya, Bunda bisa memakai apa pun. Misalnya telur, tumis sayur, bakso, atau sosis. Bunda juga bisa tambahkan buah-buahan seperti stroberi agar bento menjadi lebih cantik. Tata semua lauk dan buah di sekitar bento kelinci dengan rapi.

6. Spaghetti bolognese

Membawakan si kecil bekal spaghetti? Dijamin si kecil tak bisa menolak, Bun! Anak-anak cenderung menyukai pasta yang dibumbui saos tomat dan dilengkapi dengan sosis, potongan bakso, atau smoked beef. Tampilannya yang menggiurkan pasti akan menggugah selera. Tak heran kalau resep bento satu ini selalu menjadi andalan bagi para Bunda.

Cara membuatnya pun bisa dilakukan dalam waktu singkat. Rebus spaghetti, tambahkan garam dan minyak, lalu tiriskan. Buat bumbu bolognese dari bawang bombai, saus tomat, beef, lada, oregano, dan sebagainya. Sajikan dalam kotak bekal si kecil. Tambahkan salad atau buah-buahan sebagai pelengkap gizi juga, ya!




Kreasi resep bento yang lucu bisa membuat anak semakin semangat sekolah offline. Walau begitu, jangan lupa untuk tetap terus mengingatkan si kecil menjaga protokol kesehatan selama di sekolah, ya, Bun. Bekal yang sehat dan bergizi lengkap akan membantu si kecil untuk terus fit. Jadi, resep bento mana yang ingin Bunda buat terlebih dahulu untuk buah hati tercinta?

Mountain
Cloud Cloud Cloud Cloud
keyboard_arrow_down