Element

Anak Tiba-tiba Demam Sepulang Bermain, Kenapa?

Anak Tiba-tiba Demam Sepulang Bermain, Kenapa?

Seiring bertambahnya usia anak, biasanya mereka akan semakin aktif melakukan berbagai aktivitas, termasuk bermain di luar rumah. Tentunya senang, ya, melihat si kecil bermain, bersepeda, berlarian ke sana kemari dengan riang. Masalahnya, banyak Bunda yang mendapati si kecil tiba-tiba demam sepulang bermain.

Ada banyak alasan kenapa suhu tubuh anak bisa tiba-tiba naik, mungkin bahkan sampai di atas 38° C. Namun, tidak semua penyakit harus langsung diatasi dengan obat, ya, Bun. Simak dulu, yuk, beberapa hal yang harus diperhatikan di bawah ini!

Usahakan tetap tenang dan jangan panik, ya, Bun!

Kalau si Kecil pulang-pulang badannya panas alias demam, jangan panik. Boleh khawatir, tapi perlu diingat bahwa demam bukanlah penyakit yang berbahaya. Suhu badan anak yang meninggi menandakan bahwa sistem kekebalan tubuhnya tengah berjuang melawan benda asing yang mengganggu tubuh.

Bunda bisa menggunakan termometer untuk mengukur suhu tubuh anak. Suhu tubuh normal anak berada di kisaran 36,5 – 37,5° C. Jika lebih dari itu, anak bisa dikatakan demam. Selain karena tiba-tiba demam sehabis pulang bermain, hal ini juga bisa dipengaruhi banyak hal, misalnya suhu ruangan yang panas.

Jika suhu ruangan terlalu panas, segera gunakan kipas angin atau nyalakan pendingin ruangan untuk membantu anak merasa lebih nyaman. Tetap tenang supaya Bunda bisa membantu mengatasi demam pada anak, ya.

Dehidrasi bisa jadi salah satu penyebabnya

Kalau anak aktif bergerak selama bermain, bisa saja anak dehidrasi setelah bermain. Apalagi jika cuacanya sedang panas, cairan dalam tubuh anak akan makin mudah terpakai. Nah, salah satu tanda dehidrasi adalah tubuh akan mengeluarkan panas. Jika anak tiba-tiba demam, Bunda bisa minta anak minum air putih untuk menggantikan cairan yang hilang dan menguap.

Kalau memang demam si kecil diakibatkan oleh dehidrasi, demam akan hilang sendiri setelah kebutuhan cairannya terpenuhi. Oleh sebab itu, pastikan kebutuhan cairan anak terpenuhi tiap hari untuk mencegah hal ini, ya, Bun.

Kemungkinan terpapar infeksi saat bermain

Jika panas anak tak kunjung turun setelah minum banyak air, bisa jadi demamnya diakibatkan oleh infeksi. Apalagi jika demamnya dibarengi bersin atau batuk, kemungkinan anak terpapar virus atau bakteri.

Sebagai pertolongan pertama, Bunda bisa memberikan ByeBye-FEVER Anak. Plester hidrogel ini bisa membantu menurunkan demam hingga 3 derajat Celcius. Selain itu, formula khusus yang ada di hidrogel ByeBye-FEVER juga bisa memberikan rasa nyaman kepada anak saat menghadapi efek cuaca panas, ByeBye-FEVER Anak juga aman digunakan bersama obat dan tidak menimbulkan iritasi kulit karena teksturnya yang lembut.

Pakaikan baju yang nyaman pada si kecil

Tidak ada cara yang benar-benar akan bisa menurunkan demam dalam sekejap. Meski begitu, selalu ada cara bagi Bunda untuk membuat si Kecil merasa lebih baik, seperti memakaikan baju berbahan lembut yang akan membantu anak untuk merasa lebih nyaman juga.

Alih-alih pakaian atau selimut dengan bahan tebal, pilihlah baju dengan bahan tipis. Bahan tebal hanya akan mencegah keringat keluar, sehingga suhu tubuh anak bisa semakin tinggi. Baju tipis akan mempermudah panas dalam tubuh untuk keluar.

Segera konsultasi ke dokter jika demam tak kunjung turun

Jika setelah melakukan cara-cara di atas demam si kecil tak kunjung turun juga hingga berhari-hari dengan intensitas tinggi, Bunda bisa mempertimbangkan untuk berkonsultasi pada dokter. Meskipun demam bukanlah suatu penyakit, jangan sepelekan hal ini.

Demam bisa memicu kondisi atau komplikasi yang berbahaya pada anak, tapi jika ditangani dengan cepat dan tepat, Bunda bisa mengurangi risiko munculnya gangguan kesehatan yang lebih serius. Memeriksakan demam anak ke dokter juga akan memberi tahu Bunda secara pasti apa yang menyebabkan anak tiba-tiba demam.

Anak bisa tiba-tiba demam kapan saja, termasuk sepulangnya dari bermain. Jika hal ini sampai terjadi, pastikan Bunda tidak panik dan buatlah anak senyaman mungkin untuk membantunya beristirahat. Jika demam si kecil berlanjut berhari-hari, segera periksakan ke dokter untuk memastikan demamnya itu bukan pertanda adanya penyakit serius. Semoga Bunda dan si kecil selalu sehat, ya!

Mountain
Cloud Cloud Cloud Cloud
keyboard_arrow_down