Element

Membawa Anak ke Dokter pada Masa Pandemi

Membawa Anak ke Dokter pada Masa Pandemi

Si kecil sudah demam selama beberapa hari dan tak kunjung memperlihatkan tanda-tanda membaik? Padahal Bunda sudah memberikan pertolongan pertama seperti menempelkan kompres penurun panas ByeBye-FEVER, mengawasi asupan makan, dan menjaga pola tidurnya. 

 

Kalau begitu, alternatif terakhirnya adalah Bunda harus memeriksakan si kecil ke dokter. Tapi di situasi pandemi seperti ini, Bunda pasti merasa parno kalau harus mengunjungi klinik kesehatan atau rumah sakit. Apalagi harus membawa serta si kecil, risikonya terlalu besar. Duh, harus bagaimana dong? Jangan khawatir Bunda, ByeBye-FEVER ada untuk menjawab kegalauan Bunda.

 

Secara umum, ada tiga tahapan tips yang bisa Bunda ikuti jika hendak membawa si kecil berobat di saat pandemi. Simak ya!

 

1. Persiapan

Sebelum keluar rumah menuju klinik atau rumah sakit terdekat, apa saja ya yang harus ada di dalam tas Bunda? Beberapa hari yang lalu, ByeBye-FEVER mengadakan QnA mini lewat Instagram story tentang persiapan sebelum beraktivitas di luar rumah. Ini dia jawaban populer dari para Bunda:

  • Masker dan hand sanitizer
    Kedua benda ini memang menjadi barang wajib saat akan keluar rumah ya Bunda, apalagi untuk mengunjungi rumah sakit. Bunda @ratih27_gaming dan @trieedafe juga selalu sedia masker dan hand sanitizer untuk melindungi diri dan anggota keluarga tercinta.
  • Tisu basah
    Yang nggak kalah penting, tisu basah! Selain untuk membersihkan tangan saat enggak ada air, tisu basah juga dapat kita gunakan untuk mengelap permukaan handphone, pegangan pintu, atau tangan si kecil yang sensitif. User @bigbrooa3 juga bawa tisu basah saat keluar rumah, lho.
  • Desinfektan dan baju ganti
    Sebagai extra protection, enggak ada salahnya sedia desinfektan dan baju ganti menurut Bunda @nikediasmana. Karena mencegah selalu lebih baik daripada mengobati.

 

 

 

Selain membawa barang-barang di atas, alangkah baiknya kalau Bunda dan si kecil memakai baju berlengan panjang sebagai perlindungan tambahan. Lalu, usahakan naik kendaraan pribadi untuk menuju rumah sakit agar terhindar dari risiko penularan di transportasi umum. Kalaupun harus naik transportasi umum, terutama yang bermuatan besar, pastikan Bunda mematuhi protokol kesehatan yang ditetapkan pemerintah ya. Jika semua persiapannya sudah matang, Bunda dan si kecil siap berangkat.

 

 2. Saat di klinik atau rumah sakit

Sesampainya di klinik atau RS, enggak perlu khawatir yang berlebihan ya Bunda. Ikuti petunjuk yang sudah disiapkan oleh petugas kesehatan. Saat ini hampir seluruh rumah sakit dan fasilitas kesehatan di Indonesia sudah memberlakukan prosedur pencegahan penularan COVID-19, contohnya: memberi jarak pada kursi ruang tunggu, membatasi interaksi pasien dengan dokter atau meja resepsionis dengan penambahan space, dan bahkan ada beberapa klinik yang melakukan pemeriksaan di luar ruangan untuk memaksimalkan physical distancing

Selain itu, fasilitas kesehatan juga mewajibkan pengunjung untuk menggunakan masker (termasuk anak kecil dan balita), melakukan pengecekan suhu di pintu masuk dengan thermogun, mencuci tangan dengan sabun dan memakai hand sanitizer, serta memastikan bahwa dokter dan petugas kesehatan lainnya memakai APD yang lengkap saat menjalankan tugas. Agak sedikit lega ya, Bunda? Dengan prosedur kesehatan ini, Bunda dan si kecil dapat meminimalisir penularan virus saat akan berobat. Oh iya, saat menunggu, awasi terus si kecil agar tidak menyentuh wajah atau menggaruk mata.

 

 3. Saat pulang ke rumah

Eits, sesampainya di rumah jangan langsung beraktivitas seperti biasa. Pastikan Bunda dan si kecil benar-benar steril sebelum menyentuh sofa, tempat tidur, atau melakukan kontak dengan anggota keluarga yang lain.

Ganti semua pakaian yang Bunda dan si kecil kenakan, masukkan langsung ke mesin cuci. Cuci tangan Bunda dan si kecil dengan sabun anti bakteri dan mandi jika diperlukan. Semprot semua barang termasuk handphone, tas, sepatu, dan topi dengan desinfektan. Setelah melakukan semuanya, barulah Bunda bisa bernafas lega.

 

Ternyata, membawa anak ke Dokter enggak semenyeramkan itu ya? Asal Bunda lakukan semua tipsnya dengan benar, niscaya Bunda dan si kecil akan terlindungi dari virus saat berkunjung ke fasilitas kesehatan. Sebagai teman terbaik si kecil, Bunda harus tahu kapan anak membutuhkan pertolongan medis. Jangan lupa tempelkan kompres penurun panas  ByeBye-FEVER pada kening si kecil agar ia merasa lebih nyaman selama menempuh perjalanan menuju klinik atau rumah sakit.

Yuk kita share artikel ini, karena sesama Bunda harus saling membantu dan mendukung satu sama lain. Setuju?

Mountain
Cloud Cloud Cloud Cloud
keyboard_arrow_down