Element

Penanganan Tepat Buat Si Kecil yang Lagi Tumbuh Gigi

Penanganan Tepat Buat Si Kecil yang Lagi Tumbuh Gigi

Si kecil rewel, sering ngeces, dan suka mengunyah. Apakah ia sedang mengalami tumbuh gigi? Bersama ByeBye-FEVER, mari kita cari tahu ciri bayi tumbuh gigi dan pertolongan seperti apa yang bisa Bunda berikan kepada si kecil agar ia merasa lebih nyaman.  

Tumbuh gigi atau teething merupakan sebuah fase dalam pertumbuhan anak yang terjadi secara alamiah dan dimulai saat bayi berada dalam rentang usia 6-8 bulan. Proses pertumbuhan gigi susu sulung atau gigi susu ini akan terus berlangsung sampai si kecil berusia dua tahun. Menurut American Academy of Pediatric, pada umumnya anak akan memiliki set gigi lengkap berjumlah 20 buah setelah berusia dua tahun. Berikut tahap pertumbuhannya:

 

Bayi yang lagi tumbuh gigi biasanya akan menunjukkan beberapa ciri nih Bunda, di antaranya tidak nafsu makan, liur sering menetes, suka menggigit-gigit tangan/benda di sekitarnya, gusi terlihat membesar dengan tonjolan putih gigi di dalam gusi, juga rewel.

Kenapa rewel? Iya Bunda, soalnya proses tumbuh gigi itu sering menyebabkan rasa enggak nyaman buat si kecil. Tumbuh gigi sering kali dibarengi oleh rasa nyeri pada gusi bahkan bisa sampai demam. Suka atau tidak, si kecil harus mengalami fase tumbuh gigi. Tapi, setidaknya Bunda bisa mendampingi si kecil sambil melakukan beberapa hal agar ia merasa lebih nyaman ketika melewati fase ini. Seperti apa?

Pasangkan celemek bayi pada leher si kecil agar bajunya tidak mudah basah akibat liur yang sering menetes. Lalu, Bunda bisa memberikan teether kepada si kecil yang lagi doyan gigit-gigit ini. Teether biasanya dilengkapi dengan air/gel, jadi sebaiknya Bunda masukkan terlebih dahulu ke dalam kulkas sebelum memberikannya kepada si kecil.

Nah, jika dalam fase tumbuh gigi si kecil mengalami demam,  Bunda bisa menempelkan plester penurun panas ByeBye-FEVER Bayi di lipatan paha, ketiak, atau tengkuk sebagai pertolongan pertama saat anak demam agar ia merasa lebih nyaman seperti mendapat sentuhan Bunda. Pastikan juga Bunda mengawasi si kecil agar ia tetap ceria bermain dengan tetap menggunakan ByeBye-FEVER Bayi dan Bunda juga enggak perlu khawatir kalau si kecil iseng mengambil plester dan memasukkannya ke dalam mulut. Soalnya hidrogel pada plester ByeBye-FEVER Bayi memiliki rasa pahit untuk mencegah plester digigit-gigit atau tertelan oleh si kecil yang memasuki fase tumbuh gigi. Jadi aman banget deh!

Saat si kecil sedang tidak berada dalam kondisi terbaiknya, seperti sedang berada di fase tumbuh gigi, sudah pasti ia menginginkan Bunda berada di dekatnya. Pastikan Bunda hadir dan menjadi sahabat si kecil di segala kondisi untuk memberikan pertolongan yang terbaik. Siap kan, Bunda?

Mountain
Cloud Cloud Cloud Cloud
keyboard_arrow_down